Fauzi Amro Sarankan Pemakaian Aspal Buton Dalam Pembangunan Ibu Kota Baru - Kabarparlemen.com | Situs Berita Parlemen Indonesia

Post Top Ad

 Fauzi Amro Sarankan Pemakaian Aspal Buton Dalam Pembangunan Ibu Kota Baru

Fauzi Amro Sarankan Pemakaian Aspal Buton Dalam Pembangunan Ibu Kota Baru

Share This


Politisi NasDem, Fauzi H Amro M.Si

JAKARTA, KABARPARLEMEN.COM- Anggota DPR-RI dari Fraksi Nasdem, Fauzi H Amro MSi menyampaikan perlunya pemanfaatan aspal Buton dalam pembangunan ibu kota baru di Kaltim.

"Pak Menteri BPN (Kepala Bappenas), sebaiknya dalam pembangunan ibu kota baru, kita menggunakan aspal Buton. Tak perlu impor aspal, tapi kita maksimalkan aspal dalam negeri yang tersedia di Buton" ujar Fauzi H Amro saat rapat kerja Komisi XI dengan Bappenas dengan tema Musrebangnas, RPJM 2020-2024 dan persiapan ibu kota negara di Kaltim (4/2/2020).

Menurut Fauzi, pemanfaatan aspal Buton dalam pembangunan ibu kota baru di Kaltim, agar bisa memberikan multiplier effect kepada sektor ekonomi, pembangunan di daerah, penghematan devisa dan penyerapan tenaga kerja.

Diungkapkan, kebutuhan aspal nasional berdasarkan supplier yang diimpor pada 2016, 2017 dan 2018 sebesar 1.700.000 ton, 1.400.000 ton dan 253.000 ton, menyedot devisa sebesar 9 trilyun.

Presiden dalam berbagai kesempatan mengarahkan untuk memaksimalkan penggunaan aspal Buton.
Namun hingga saat ini, pemanfaatan aspal Buton baru dapat terserap sebesar 3% pertahun dari 1,667 juta ton kebutuhan nasional pertahun.

Potensi aspal Buton berdasarkan data Dirjen Bina Marga-Pekerjaan Umum) sebesar +/- 667 juta ton dan dapat memenuhi kebutuhan aspal nasional aspal selama 104 tahun.

Oleh karena itu lanjut alumnus HMI ini, dibutuhkan kebijakan nasional dan political will pemerintah dalam rangka meningkatkan pemanfaatan aspal Buton, agar digunakan baik untuk jalan kabupaten kota, propinsi maupun jalan termasuk dalam pembangunan ibu kota baru di Kaltim.

"Jadi kita tak perlu lagi impor aspal untuk pembangunan ibu kota negara di Kaltim, kita maksimalkan aspal Buton aja, ini sesuai arahan Bapak Presiden Jokowi" tandas alumnus IPB ini (Wan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages