Bekerja di Ranah Politik, Personal Branding Penting Diperhatikan - Kabarparlemen.com | Situs Berita Parlemen Indonesia

Post Top Ad

Bekerja di Ranah Politik, Personal Branding Penting Diperhatikan

Bekerja di Ranah Politik, Personal Branding Penting Diperhatikan

Share This
Personal brand.
JAKARTA, KABARPARLEMEN.COM- Personal branding (citra diri) sangat penting dimiliki setiap pribadi. Citra positif ini yang harus disampaikan kepada lingkungan kerja bahwa seseorang sangat tepat berada di posisinya. Dengan personal branding yang terjaga, kepercayaan publik pun kian tinggi.
Inilah salah satu materi pembekalan yang disampaikan oleh konsultan pengembangan diri Puspita Zorawar kepada para staf administrasi anggota DPR RI, Rabu (11/11). Bekerja di lembaga politik seperti DPR, personal branding begitu penting untuk pencitraan publik. Di hadapan masyarakat pemilih di dapilnya, seorang staf harus merefresentasikan citra seorang anggota DPR yang memang layak terpilih.

Personal branding yang dimiliki para staf anggota tersebut secara tidak langsung juga mempengaruhi citra DPR sebagai lembaga. Untuk itu, tata krama, penampilan berbusana, dan tutur kata perlu dibangun sebagai pencitraan diri sekaligus pencitraan institusinya. Para staf anggota terlihat antusias mengikuti materi pembekalan ini.

Selain materi pengembangan diri, materi normatif seperti pengenalan lembaga DPR dan pola hubungannya dengan Sekretariat Jenderal DPR juga diperkenalkan oleh Sekretaris Jenderal DPR Winantuningtyastiti. Dalam kesempatan terpisah, Sekjen menyampaikan tentang visi misi, sejarah singkat, dan persoalan aktual Sekretariat Jenderal DPR.

Safira Yuliansyah, salah satu peserta orientasi berkomentar, personal branding merupakan cermin tentang diri sendiri. Personal branding juga menjadi kunci sukses para pekerja. “Personal branding menjadi sesuatu yang sangat penting untuk dibangun, diciptakan, dan dikelola seoptimal mungkin. Tentu ada nilai tambah yang dihasilkan dengan menjaga personal branding,” tutur fira, sapaan akrab staf anggota ini. (mh/dpr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad