Helmy Faishal Zaini Pamerkan 70 Fotografi Nusantara - Kabarparlemen.com | Situs Berita Parlemen Indonesia

Post Top Ad


Helmy Faishal Zaini (tengah) . Foto : Marwan Azis/Kabarparlemen.com

JAKARTA, KABARPARLEMEN.COM- Mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), Helmy Faishal Zaini menggelar pameran fotografi tunggal di lantai 1 Gedung Nusantara 2, Komplek DPR RI Jakarta.

Setidak ada 70 foto yang dipamerkan bernuasa alam, manusia, budaya hingga infrastuktur di sejumlah daerah di Indonesia. Menurut anggota Komisi X DPR RI ini, seluruh foto dipamerkan merupakan hasil jepretan sendiri saat mengelilingi Indonesia  baik ketika menjabat Menteri PDT hingga menjadi politisi DPR RI.

“ya, kita banyak pesan yang ingin disampaikan, pertama membangun kesadaran bahwa Indonesia Negara kepulauan, banyak memiliki potensi budaya, adat istiadat yang khas yang tidak dimiliki bangsa lainnya. “Saya ingin mengajak untuk melihat distenasi, keragaman khasana budaya nusantara dari aceh hingga papua. Semoga bisa jdi inspirasi bagi kita semua.”paparnya (18/8).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga menyelipkan pesan save our planet atau pelestarian pelestarian lingkungan, jadi saya juga menampilkan foto-foto alam, saya memiliki foto yang memotret aktivitas illegal loging di Kapuas Hulu, Kalimantan Tengah yang unpublis atau tidak dipublis. 

Pameran fotografi karya Helmy Faishal ini mengambil tema Nekamese atau artinya satu jiwa yang terinspirasi dari sosok pejuang lingkungan bernama Mama Aleta yang berdomilisi di  Timur Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

“Ada banyak pesan yang ingin disampaikan, banyak sekali anak-anak Indonesia yang lupa dengan bahasa daerah, padahal kita punya khasana budaya termasuk bahasa yang sekarang banyak terlupakan. Kata Nekamese berasal satu kampong di Timur Tengah, NTT yang artinya satu jiwa yang terinspirasi dari sosok pejuang lingkungan bernama Mama Aleta.”jelasnya.(Marwan Azis).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad