DPR

[DPR][bleft]

MPR

[MPR][bleft]

DPD

[DPD][bleft]

DPRD

[DPRD][bleft]

Saatnya MPR Punya Perpustakaan Digital

Perpustakaan MPR RI akan disesuaikan dengan perkembangan zaman menjadi digital. Anggota Badan Anggaran MPR RI, Asri Anas, saat memberikan pengantar dalam bedah buku di Perpustakaan MPR, Selasa, 16 Juni 2015, menyatakan akan mengupayakan kembali pengadaan perpustakaan digital pada mata anggaran tahun 2016. Foto : Tempo.co
JAKARTA, KABARPARLEMEN.COM-Wacana Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) kembali disuarakan Anggota MPR dari kelompok DPD, Asri Anas.

Asri Anas mengharapkan perpustakaan MPR dapat dikembangkan menjadi perpustakaan digital. Anas yang juga anggota badan Anggaran menyebutkan pada tahun 2013 - 2014 pernah menganggarkan Rp 6 miliar untuk mengembangkan perpustakaan digital MPR RI. 

"Namun dua kali dianggarkan, perpustakaan digital tidak terwujud. Akhirnya dana itu dikembalikan ke negara," katanya kepada pers usai membuka bedah buku di ruang presentasi perpustakaan MPR seperti dikutip dari laman resmi MPR RI.

Asri Anas mengungkapkan pernah mendapat pesan dari Aksa Mahmud (Wakil Ketua MPR periode 2004 - 2009) untuk memperhatikan perpustakaan MPR. "Tidak terwujudnya perpustakaan digital karena memang belum menjadi fokus," katanya.

Asri Anas menginginkan perpustakaan MPR seperti perpustakaan Kongres di Ameriia Serikat. Dengan perpustakaan digital maka mudah mencari referensi dari negara lain. 

"Di MPR sendiri banyak dokumen-dokumen sejarah sejak tahun 1949  yang belum didokumentasikan dengan bagus. (Perpustakaan) ini belum modern," ujarnya.

Menurut Asri Anas, tahun 2016 ini akan diupayakan kembali perpustakaan digital. Dia berjanji akan memberikan dukungan anggaran untuk merealisasikan perpustakaan digital itu.(MPR)

Tidak ada komentar: