DPR Berharap Hubungan Indonesia-Spanyol Makin Bagus - Kabarparlemen.com | Situs Berita Parlemen Indonesia

Post Top Ad

DPR Berharap Hubungan Indonesia-Spanyol Makin Bagus

DPR Berharap Hubungan Indonesia-Spanyol Makin Bagus

Share This


JAKARTA, KABARPARLEMEN.COM- DPR berharap, hubungan antara Indonesia dengan Spanyol meningkat. Bukan hanya pemerintah, tetapi juga hubungan parlemen kedua negara. Hubungan itu meliputi bidang politik, sosial, ekonomi, budaya, hingga pertahanan dan keamanan.

Demikian dikatakan Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, saat menerima kunjungan delegasi Komisi Luar Negeri Parlemen Negara Kerajaan Spanyol, di ruang rapat pimpinan DPR, Gedung Nusantara III, Rabu (3/12/14).

Dalam kesempatan ini, Agus didampingi oleh Wakil Ketua Komisi I Hanafi Rais (F-PAN) dan Wakil Ketua BKSAP Teguh Juwarno (F-PAN). Sementara, delegasi Spanyol dipimpin oleh Ketua Komisi Luar Negeri Trinidad Jimenez.

“Kami ingin mempererat tali persaudaraan antar kedua negara, baik pemerintah maupun parlemen kedua negara. Banyak hal yang juga kita koordinasikan, agar dapat meningkat, seperti ekonomi, sosial, budaya, sampai ke pertahanan dan keamanan,” kata Agus seperti dilansir situs resmi dpr.go.id.

Saat ini, jelas Agus, kerjasama kedua negara mengalami kemajuan yang signifikan sebagai hasil dari Senior Officel Meeting antar kedua Kementerian Luar Negeri, summit diplomacy, forum konsultasi, dan komunikasi yang intensif. Saat ini, informasinya sedang menyelesaikan draft MoU on Political Dialog and Coorperation di tingkat Menteri Luar Negeri.

“Dalam kerjasama di bidang ekonomi, pada periode Januari sampai dengan Agustus 2014, total perdagangan kedua negara mencapai US$ 1,67 miliar, dengan surplus Indonesia sebesar Rp US$ 966 juta, sedang menurut data perdagangan kedua negara per 2013 yang mencapai US$ 2,35 miliar dengan surplus Indonesia sebesar Rp US$ 1,26 miliar,” jelas Politisi Demokrat ini.

Sementara, kerjasama dalam bidang investasi negara Kerajaan Spanyol di Indonesia pada periode kuartal ke tiga tahun 2014 mencapai US$ 1,8 juta dalam 11 proyek, sedangkan menurut data investasi tahun 2013, mencapai US$ 2,9 juta dalam 18 proyek.

“Dari data-data tersebut, kami memandang perlunya kerjasama bilateral antar pemerintah kedua negara yang terus diperkuat, dan perlu kiranya juga diiringi oleh peningkatan kerjasama bilateral anta parlemen kedua negara,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Spanyol juga ingin memperkuat koordinasi dengan Indonesia. Parlemen Spanyol juga mengharapkan kunjungan parlemen Indonesia sebagai reproksikal berkunjung ke Spanyol.
/
“Hubungan kedua negara, sudah sangat baik, tapi harus terus ditingkatkan. Kita harapkan hubungan kedua negara jauh lebih dekat, lebih bersahabat, koordinasi di berbagai bidang dapat menjadi hal yang jauh lebih mendekatkan kedua negara,” harap Agus.

Pertemuan diakhiri dengan pertukaran cinderamata dari kedua belah pihak. Usai bertemu dengan Agus, Delegasi Parlemen Spanyol, akan bertemu dengan unsur Komisi I DPR, untuk membahas lingkup kerja hubungan internasional maupun pertahanan dan keamanan. (sf/dpr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages