DPR

[DPR][bleft]

MPR

[MPR][bleft]

DPD

[DPD][bleft]

DPRD

[DPRD][bleft]

Zulkifli Hasan Terpilih Ketua MPR RI

Zulkifli Hasan. Foto : Ist.
JAKARTA, KABARPARLEMEN.COM- Koalisi Indonesia Hebat pendukung presiden terpilih Jokowi, kembali mengalami kekalahan dalam pemilihan Ketua MPR RI pada sidang paripurna MPR RI semalam.

Rapat paripurna MPR RI menetapkan paket pimpinan MPR RI dari Koalisi Merah Putih (paket B) sebagai Ketua dan Wakil Ketua MPR RI periode 214-2019. Paket koalisi Merah Putih itu terdiri dari Zulkifli Hasan (PAN) sebagai calon Ketua MPR RI.

Adapun wakilnya adalah RI, EE Mangindaan (Demokrat), Hidayat Nur Wahid (PKS), Oesman Sapta Odang (wakil DPD RI), Mahyudin (Golkar).

Sementara Koalisi Indonesia Hebat (KIH) mengusung Oesman Sapta (wakil DPD RI), Ahmad Basarah (PDIP), Imam Nahrawi (PKB), Hazrul Azwar (PPP) dan Patrice Rio Capella (Nasdem).
Untuk paket pimpinan MPR RI dari Koalisi Merah Putih meraih 347 suara. Sedangkan paket pimpinan MPR RI yang diusung Koalisi Indonesia Hebat meraih 330 suara.

“Dari pengitungan suara, dengan demikian dimenangkan oleh paket B. Dengan Bismillahirrahmanirahim, kami tetapkan dan sahkan,” kata pimpinan rapat paripurna MPR RI, Maimanah Umar saat membacakan hasil voting di gedung DPR RI, Jakarta, semalam.

Dengan kemenangan di pemilihan pimpinan MPR, KMP sudah menang lima kali berturut-turut. Rentetan kemenangan KMP di parlemen dimulai sejak pengesahan Undang-undang MD3, pengesahan tata tertib DPR, pengesahan Undang-undang Pemilihan kepala Daerah (Pilkada), dan terakhir pemilihan pimpinan DPR. Kemenangan di pemilihan pimpinan ini melengkapi jumlah kemenangan menjadi lima.

Semua kemenangan KMP diraih karena jumlah mereka yang dominan di parlemen. Beberapa kali PDIP cs harus gigit jari di pemungutan suara atau walk out meninggalkan paripurna karena kalah suara.

Di pemilihan pimpinan MPR ini, PDIP cs kalah di pemungutan suara. Sempat merasa di atas angin karena berhasil menggaet PPP dan mengusung perwakilan DPD sebagai ketua, PDIP cs akhirnya kalah tipis di pemungutan suara.(Ant/DC).

Tidak ada komentar: