Biografi Ahmad Riza Patria, Politisi Senayan Kini Jadi Wagub DKI Jakarta - Kabarparlemen.com | Situs Berita Parlemen Indonesia

Post Top Ad

Biografi Ahmad Riza Patria, Politisi Senayan Kini Jadi Wagub DKI Jakarta

Biografi Ahmad Riza Patria, Politisi Senayan Kini Jadi Wagub DKI Jakarta

Share This

Politisi Gerindra, Ahmad Riza Patria terpilih sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta melalui voting digelar DPRD DKI Jakarta para rapat paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (6/4/2020) siang.


Alumnus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini berhasil meraih 81 dari 100 suara anggota legislatif yang menggunakan hak pilihnya. Sementara, kandidat calon Wakil Gubernur DKI Jakarta yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nurmansjah Lubis meraih 17 suara.

Sedang dua suara lagi dinyatakan tidak sah. Dengan hasil ini, Ahmad Riza Patria resmi akan menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta, setelah mendapatkan legitimasi dari Kementerian Dalam Negeri. Lalu siapa sebenarnya Ahmad Riza Patria yang biasa dipanggil Ariza?

Ariza mengawali karir politiknya sebagai aktivis sejumlah organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).   

Selain aktivis di organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan, Ariza sudah malang melintang di dunia politik, berbagai jabatan strategis pun pernah didudukinya, baik itu dari organisasi kepemudaan, partai politik hingga DPR-RI. Riza pun memiliki kedekatan politik di lingkup DKI Jakarta bahkan Ariza pernah mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur dari jalur independen pada Pilgub 2012. Namun, Dewi Fortuna belum menaunginya, ia kalah telah dari pasangan Joko Widodo (Jokowi) – Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Ariza mulai dikenal publik ketika menjadi Ketua DPP KNPI periode 1999-2002. Kemudian pada periode 2002-2005 menjadi Ketua DPD KNPI DKI Jakarta. Detailnya silakan baca di Biografi.co.id (Jejaring Situs Kabarparlemen.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad