Wakil Ketua DPR Sufmi Imbau WNI di Iran Lebih Waspada - Kabarparlemen.com | Situs Berita Parlemen Indonesia

Post Top Ad

Wakil Ketua DPR Sufmi Imbau WNI di Iran Lebih Waspada

Wakil Ketua DPR Sufmi Imbau WNI di Iran Lebih Waspada

Share This

JAKARTA, KABARPARLEMEN.COM- Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan imbauannya bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di wilayah Iran, untuk lebih waspada dan berhati-hati. Hal ini disampaikan menyusul kian memanasnya hubungan antara Amerika Serikat dan Iran, pasca terbunuhnya Jenderal Iran Qasem Soleimani.

“Kita imbau kepada warga negara kita di Iran untuk lebih meningkatkan waspada dan lebih berhati-hati,” ungkap Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) tersebut, saat ditemui awak media di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Tidak hanya itu, politisi Fraksi Partai Gerindra ini juga mengatakan bahwa pihaknya akan terus melihat perkembangan situasi dari konflik yang tengah melanda kedua negara yang saling melancarkan serangan tersebut. Nantinya, jika situasi tak terkendali maka DPR RI akan mengupayakan adanya bantuan.

“Ya nanti kita lihat perkembangan situasi untuk upaya bantuan negara terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) kita yang hingga saat ini masih berapa di Iran,” lanjut legislator daerah pemilihan (dapil) Banten III tersebut.

Menurut data Kementerian Luar Negeri, tercatat WNI yang tinggal di Iran jumlahnya mencapai 400 orang, sedangkan WNI yang tinggal di Irak berjumlah 800 orang. Meski, angka tersebut bisa saja bertambah mengingat masih memungkinkannya warga negara yang tidak melaporkan kedatangannya pada kedutaan setempat.

Adapun situasi di Timur Tengah semakin memanas menyusul serangkan Amerika Serikat yang menewaskan Soleimani, sekalu Komandan Pasukan Quds Iran dan Komandan Milisi Irak Abu Mahdi al-Muhandis, jelang akhir pekan lalu (3/1/2020). Sebagai balasan, Rabu pagi waktu setempat (8/1/2020), Iran dilaporkan menembakkan puluhan roket ke pangkalan udara gabungan AS-Irak. (alw/sf/dpr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad