Pusat Kajian Pancasila dan Konstitusi Bakal Didirikan di UMJ - Kabarparlemen.com | Situs Berita Parlemen Indonesia

Post Top Ad

Pusat Kajian Pancasila dan Konstitusi Bakal Didirikan di UMJ

Pusat Kajian Pancasila dan Konstitusi Bakal Didirikan di UMJ

Share This
Ketua MPR dan Pimpinan UMJ (18/11).
JAKARTA, KABARPARLEMEN.COM- Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) berencana membuat Pusat Kajian Pancasila dan Konstitusi sebagai guna membantu Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dalam memperkuat pilar-pilar kebangsaan.

Hal tersebut disampaikan Rektor UMJ, Prof. Dr. Hj. Masyitoh Chusnan, M. Agr saat bersilaturrahmi Ketua MPR, Zulkifli Hasan di Lantai 9, Gedung Nusantara III, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD (18/11).

Masyitoh mengungkapkan dirinya ingin kampusnya berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh MPR. Dikatakan, dalam periode yang lalu bahwa antara Wakil Ketua MPR, Hajriyanto Y. Thohari, dan UMJ telah sepakat agar di kampus itu berdiri adanya Pusat Kajian Pancasila dan Konstitusi. Dalam pusat kajian itulah nanti akan dikupas berbagai masalah yang terkait dengan dasar dan pilar negara.

“Juga mengkaji tentang MPR dan produknya sesuai dengan keinginan para pendiri bangsa,” ujarnya. Disampaikan oleh Endang bahwa di kampus itu akan diselenggarakan seminar tentang implementasi kebhinnekaan dan nasionalisme dalam agenda politik.

Kerja sama antara MPR dan  telah terjalin sejak periode yang lalu. Kerja sama itu berupa dilaksanakan berbagai macam kegiatan sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika di kampus yang beralamat di Ciputat, Tangerang, Banten, itu. Di MPR periode sekarang, 2014-2019, kerja sama itu ingin dipererat kembali.

Pada kesempatan itu Masyitoh yang saat itu didampingi Wakil Rektor II, Dr. Gofur Ahmad; Wakil Rektor III, Ir. Sularno; dan Dekan Fisip, Dra. Endang Sulastri, M.Si.

Sebagai kampus pertama di lingkungan Muhammadiyah, UMJ sekarang berusia 59 tahun. Untuk memperingati perjalanannya, UMJ akan menggelar milad ke-59. Dalam kesempatan itu, Masyitoh berharap kepada Zulkfli agar sudi datang dalam acara milad sekaligus menjadi pembicara dalam seminar yang digelar. Dalam milad akan diterbitkan buku tentang perjalanan Muhammadiyah. “Kami ingin bapak juga ikut menulis di buku itu,“ harapnya seperti dikutip dari situs resmi MPR.go.id.

Zulkifli merasa senang atas kedatangan delegasi dari UMJ. Dirinya mengucapkan terima kasih atas doa yang diberikan. Dirinya senang ketika kampus itu ingin melanjutkan kerja sama yang telah dilakukan sejak periode yang lalu. Dirinya siap datang dalam acara yang digelar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad