Sumpah Pemuda Berkumandang di Parlemen - Kabarparlemen.com | Situs Berita Parlemen Indonesia

Post Top Ad

Sumpah Pemuda Berkumandang di Parlemen

Sumpah Pemuda Berkumandang di Parlemen

Share This
Upacara peringatan Sumpah Pemuda di lingkungan DPR RI (28/10). Foto : dpr.go.id

JAKARTA, KABARPARLEMEN.COM- "Pertama, Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, Tanah Indonesia. Kedua, Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia. Ketiga, kami Putra dan Putri Indonesia menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia."

Bagian penting dari Putusan Kongres Pemuda-Pemuda Indonesia yang pernah diserukan pada 28 Oktober 1928 itu, kembali berkumandang di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (28/10/14) pada saat karyawan Setjen DPR, MPR dan DPD mengikuti upacara bendera memperingati Sumpah Pemuda ke-86.

Upacara yang dipimpin oleh Pembina Upacara Sekjen DPR Winantuningtyastiti itu berlangsung khidmat. Apalagi ketika Ratna Christianingrum pegawai Biro Analisa APBN membacakan 'Sumpah Keramat' itu dengan suara yang lantang.

"Nilai dan semangat Sumpah Pemuda harus terus terpatri di dalam hati sanubari segenap bangsa," kata Sekjen yang biasa dipanggil Win saat menyampaikan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olah Raga.

Sekjen juga menekankan pesan penting Menpora yang menggarisbawahi Bangsa Indonesia baru saja melewati ujian persatuan dan kesatuan pada saat Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden/Wapres lalu. Patut disyukuri tantangan itu berhasil dilewati dengan selamat. (iky/dpr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad