Dubes Polandia Temui Ketua DPR - Kabarparlemen.com | Situs Berita Parlemen Indonesia

Post Top Ad

Dubes Polandia Temui Ketua DPR

Dubes Polandia Temui Ketua DPR

Share This
Ilustrasi Gubernur Sumut Gatot Pujonugroho menyelempangkan ulos sebagai tanda persaudaraan kepada Duta Besar Republik Polandia untuk Indonesia, HE Tadeusz Szumowski beserta istri. Foto : http://sumateraandbeyond.com.

JAKARTA, KABARPARLEMEN.COM- Duta Besar Republik Polandia Tadeusz Szumowski menemui Ketua DPR RI Setya Novanto hari ini di Gedung Nusantara III, Jakarta.

Mereka terlibat perbincangan yang hangat diantara keduanya, dengan pembahasan utama mengenai hubungan bilateral kedua negara.

Setya seperti dikutip situs resmi DPR RI sempat menyatakan, bahwa Republik Polandia merupakan mitra negara yang penting bagi Indonesia. Hal itu ditunjang pula hubungan kedua negara yang terjalin sudah cukup lama, dari tahun 1955. Ia juga berjanji akan meningkatkan hubungan kedua negara. 

“Saya sangat mengapresiasi kunjungan Dubes Polandia ini, karena dengan adanya kunjungan kerja ini dapat terjalin kerjasama antara DPR dan Parlemen Polandia. Hubungan kerjasama kedua negara juga akan terus kami tingktakan,” jelas Setya, saat ditemui usai pertemuan.

Politisi Golkar ini menambahkan, setidaknya ada 3 hal menarik yang menjadi perbincangan terkait program dalam waktu dekat. Yang pertama, mengenai program dialog lintas agama di Polandia, pada November nanti. Mengingat, Indonesia memiliki keragaman  agama, serta budaya yang menjadi kekuatan Indonesia.

Berikutnya mengenai proyek waste management (pengelolaan limbah) di Jakarta, Palembang dan Banjarmasin. Selain itu, juga diadakan kerjasama mengenai water treatment, mengingat kedua hal ini membutuhkan perhatian dari negara. Hal ini ditunjang Polandia yang sangat mengerti mengenai proyek ini, sehingga kerjasama ini bisa ditingkatkan.

“Program yang ketiga adalah pengajaran bahasa Indonesia di berbagai universitas di Polandia. Kita bersedia mengirimkan guru dan dosen ke Polandia mengajarkan Bahasa Indonesia. Dubes memberikan sambutan yang sangat luar biasa, sehingga kita akan tingkatkan program-program yang akan kita tindak lanjuti bersama,” tutup Setya.

Setya berharap, hubungan kedua negara dapat terjalin dengan harmonis, dan terus meningkatkan kerjasama. Pertemuan diakhiri dengan pertukaran cinderamata dari kedua belah pihak dan foto bersama. (sf,af/dpr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad